KREASI MASAKAN BERBAHAN DASAR NON BERAS

Dalam upaya meningkatkan kreatifitas masyarakat Bontang dalam mengolah berbagai aneka bahan makanan, Team penggerak PKK Kecamatan Bontang Utara menggelar lomba masak “Cipta Menu Non Beras “ yang berlangsung di gedung BPU Kecamatan Bontang Utara. Dalam lomba yang digelar peserta diwajibkan memasak makanan berbahan dasar non beras dan non terigu. Peserta terdiri dari 6 Kelurahan yang tiap team terdiri 2 orang.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas , juga meningkakan kreatifitas masyarakat dalam mengolah bahan pangan non beras dan non terigu menjadi masakan dan camilan. Program seperti ini diharapkan terus dilakukan secara berkesinambungan. Agar ibu-ibu bisa menyajikan menu beragam, bergizi seimbang untuk anak serta keluarganya nanti.
Pada ajang ini Kelurahan Api-Api keluar sebagai juara pertama, disusul Kelurahan Gunung Elai juara dua lalu juara ke tiga Kelurahan Bontang Kuala. Adapun juara harapan satu diraih Kelurahan Bontang Baru, harapan dua Kelurahan Loktuan, harapan tiga Kelurahan Guntung, masing – masing pemenang mendapat hadiah berupa uang pembinaan.
Sejauh yang kita tahu bahwa menu makanan modern sudah meninggalkan resep makanan lokal. Harapan kita dengan adanya lomba seperti ini kita bisa meningkatkan kembali citra dari makanan lokal. Hal ini juga dimaksudkan untuk melindungi dan mempertahankan identitas makanan tradisional dan pangan olahan non beras.(Hrn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *